PEDOMAN ORIENTASI
SISWA BARU
TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Nama :
Alamat :
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM BUNGURSARI
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI
TANJUNGJAYA TASIKMALAYA
VISI & MISI
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI
VISI
Berkualitas Unggul, Bersaing dalam Prestasi & Berdedikasi tinggi
MISI
1.Menciptakan SDM yang Berkualitas
2.Selalu Komit dengan ajaran Islam
3.Sinergi di Berbagai kalangan
SAMBUTAN KEPALA
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI
TANJUNGJAYA TASIKMALAYA
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji serta syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang senantiasa membimbing kita dalam kehidupan sehari-hari, sholawat dan salam semoga tercurah atas baginda mulia Nabi Muhammad SAW.
Mengawali kata sambutan ini, kami sampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada :
Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Islam Bungursari
Seluruh Guru-guru dan Karyawan Madrasah Aliyah Bungursari
Seluruh Staf Pungurus OSIS dan Staf Pengurus Gerakan Pramuka Ambalan KH. Agus Salim dan Robi’ah Adawiyah Madrasah Aliyah Bungursari Tanjungjaya.
Seluruh pihak yang telah mendukung atas terselenggaranya Masa Orientasi Siswa Baru Madrasah Aliyah Bungursari yang telah menyusun buku ini dengan harapan kami semoga buku ini dapat dijadikan pedoman bagi siswa baru Madrasah Aliyah Bungursari dan bermanfaat dimasa yang akan datang.
Selanjutnya saya berharap agar pada masa yang akan datang bisa lebih ditingkatkan demi kemajuan Madrasah Aliyah Bungursari dengan prinsip : mempertahankan nilai-nilai lama yang baik dan terbuka untuk menerima nilai-nilai baru yang lebih baik.
Akhirnya kami serahkan kehadirat Allah Swt. agar amal baik yang Bapak/Ibu/Sdr lakukan dapat diterima sebagai amal sholeh. Amiin
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Bungursari , Juli 2010
Kepala Sekolah
Drs. IWAN SANTOSA
NIP. 132 012 679
PENGURUS YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM BUNGURSARI
Ketua Yayasan Ketua I Ketua II Sekretaris Umum Sekretaris I Sekretaris II Bendahara Umum Bendahara I Bendahara II Sek. Bid. Kepesantrenan
Sek. Bid. Pendidikan Sekolah
Sek. Bid. Wakaf
Sek. Bid. Litbang Sek. Bid. Usaha dan Agro Bisnis
Sek. Bid. Seni Budaya
Sek. Bid. Humas
Sek. Bid. Kesehatan Lingkungan Sek. Bid. Pelayanan Sosial
Sek. Bid. Hankam | : K. Dudung Abd. Halim : H. Uca Sutarjo : : AM. Samntri, BA : A. Sutiana : Ridwan Amirudin : U. Suparman B. : H. Ucup Sulaeman : H. Eman Sulaeman : A. Aep Saepulloh Hj. Khodijah : Drs. Hasanudin Ridwan Fatoni Somantri, S.PdI : Sohih Fauzi Jaka : Drs. Iwan Santosa : H. Ridwanulloh Fuazen : Ikin Sodikin, S.PdI. : Iis Istiqomah : Endang Abdulloh Dadang Sanjaya : M. Ruhimat : Badruzzaman Af. Subhan Harori : Ade Badruzzaman Abdul Kholik |
STAF PIMPINAN DAN KARYAWAN
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI TANJUNGJAYA
Kepala Sekolah Wakasek. Ur. Kesiswaam Wakasek Ur. Kurikulum Wakasek. Ur. Humas/ BP Kepala Tata Usaha | : Drs. IWAN SANTOSA : Tatay, S.Pd. : Ridwan Fathoni S, S.Pd : Drs. Hasanudin : H. Badruzzaman, S.Pd.I : Ai Ati Sopiyat : Hj. Khodijah |
STAF PENGAJAR
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI
NO | NAMA | MATA PELAJARAN |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 | Elawati, S.Pd K. Dudung Abd. Halim Dra. Nur’aeni Zenal Mutakin, BA Drs. Hasanudin Tatang Hidayat, S.Ag Jajat A. Gojali, S.Ag H. Badrujaman, S.Pd.I Drs. Dedi Supriadi Drs. Darno Aryanto Abdul Haris Nirwan, S.Pd. Oih Ruslan, S.Pd. Tatay, S.Pd. Ir. R. Encep Abdul Majid Ir. Lina Ernita A. Aep Saepulloh Ridwan Fatoni, S.Pd. Kiki Miskiah Nur, S.Pd Win Wianti, S.Pd Drs. H. E. Tohari Eulis Nurlina, S.Pd Deti Roslindawati, ST Gumilar, S.Pd.I | Bahasa Indonesia Fikih Akidah Akhlaq Bahasa Arab Al-qur’an hadits PKn Sosiologi TIK Computer Sosiologi Bahasa Indonesia Sejarah PenjasKes Ekonomi & Kesenian Fisika Matematika Kitab Kuning Bahasa Inggris Geografi Akuntansi Bahas Ianggris Biologi Kimia Sejarah |
SUSUNAN PENGURUS OSIS
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI
MASA KHIDMAT 2009-2010
-
Ketua Osis Wak. Ketua Sekretaris Umum Sekretaris I Sekretaris II Bendahara Umum Bendahara I Bendahara II | : Nurhidayat : Tian Abdul Aziz : Mia Sumiati : Saepul Anwar : Nova Nurazizah : Mirna Roudhotillah : Aan Andarwati : Rita Tarmila |
SEKRETARIS BIDANG
Bidang Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa : Wina Pudinawati
Abdul Jenjen
Irma Maulida
Irfan Alawi
Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara :
Rian Nurjaman
Wawat Waryati
Eva Sholihah
Neneng Rina
Pendidikan bela Negara :
Wandi Wijaya
Evi Nurmilah
Wulan Novitasari
Didah Saidah
Cecep AL
Kepribadian dan budi pekerti :
Dede Yogi
Cucu Nuryani
Asep A.W.
Bima R.
| Pendidikan : Mimi Sumiati
Sita Karsita
Yuyun Yulia
Ridwan
Keterampilan : Ai Gustiani
Nurmilah
Neng Sofa M.
Nanay S.
Elva A.
Pengembangan presepsi : Enjang Sopyan
Eva Rosita
M.Fany
Anggi A S
Jejen Sujani
Olah raga : Ikhsan N.
Sri Susanti
Risna Wati
U.Mukhlis
Randi Yuda P.
|
SUSUNAN PANITIA
MASA ORIENTASI SISWA BARU ( MOS )
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI
-
Ketua Wak. Ketua Sekretaris Wak. Sekretaris Bendahara Wak. Bendahara | : Wandi Wijaya : Tian Aziz : Mia Sumiati : Rita Tarmila : Mirna Roudhotillah : Neneng Rina Lestari
|
SEKSI- SEKSI
SIE. ACARA Ikhsan Nasrullah
Wina pudinawati
Irma Mulida
| SIE. DEKORASI Nurhidayat
Enjang Sopyan
Irfan Alawi
| SIE. PRAMUKA Evi Nurmilah
Ryan Nurjaman
Wawat Waryati
Abdul Jenjen
|
|
|
|
SIE.KESENIAN Bima rizki
Ai Gustiani
Eva Rosita
Cecep
N.Sofa Marwiyah
| SIE.PERALATAN
Randi Yuda
Saeful Anwar
Jejen Sujani
| SIE. KEMANAN Muh.Ridwan Fani
Sita Karsita
Anggi Ayang S.
Sri Susanti
|
|
|
|
SIE. KONSUMSI Didah saidah
Nanay Supriati
Cucu Nuryani
Risnawati
Ridwan
| SIE.P3K Wulan Nopitasari
Mimi sumiati
Ujang Mukhlis
Nova nurazizah
| SIE.PASKIBRA Dede yogi
Nurmilah
Yuyun yulia
Aan andarwati
|
SIE. OLAHRAGA - Eva Soleha |
- Elva Amalya |
- Asep abdul Wahid |
BAB I
ARTI DAN MAKNA WAWASAN WIYATAMANDALA
Arti :
Secara harfiyah kata wawasan mengandung arti pandangan, penglihatan, tujuan dan tanggapan indrawi. Kata wiata artinya pengajaran/pendidikan, sedangkan Mandala berarti bulatan, lingkaran, daerah dan kawasan. Dengan demikian Wawasan Wiyatamandala artinya “ sesuatu pandangan mengenai lingkungan pendidikan “
Makna Wawasan Wiyatamandala :
Untuk melaksanakan daya upaya yang sebaik-baiknya demi keberhasilan proses pendidikan diperlukan pandangan yang sama dari seluruh warga sekolah mengenai sekolah sebagai lembaga pendidikan.
Wawasan wiyata mandala merupakan wawasan yang menjamin berlangsungnya proses pendidikan di sekolah secara efektif dan efesien.
Adapun Unsur-unsur Wawasan Wiyatamandala adalah :
Sekolah merupakan lingkungan pendidikan;
Kepala Sekolah mempunyai wewenang dan tanggungjawab penuh atas penyelenggaraan pendidikan dalam lingkungan sekolahnya;
Antara guru dengan orang tua siswa harus ada saling pengertian dan kerja sama erat untuk mengemban tugas pendidikan;
Para warga sekolah di dalam maupun di luar sekolah, harus menjungjung tinggi martabat dan citra guru’;
Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya.
Sekolah Sebagai Lingkungan Pendidikan :
Sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga tidak boleh digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan yang memiliki tujuan yang bertentangan dengan tujuan pendidikan. Sekolah merupakan tempat belajar guru mengajar, tempat menuntut ilmu membina dan mengembangkan kepribadian, tatakrama, nilai-nilai agama, ilmu teknologi serta berbagai keterampilan siswa.
PERAN AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
Persiapan KBM Dikelas :
Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, perlu pengaturan ruang belajar terlebih dahulu. Tugas guru dan siswa adalah menciptakan suasana di dalam kelas sehingga terjadi inter aksi yang membantu pelaksanaan pengaturan kelas masing-masing agar dapat tercipta suasana kelas yang menyenangkan.
Aktif Berperan Dalam KBM Dikelas :
Mendapat pendekatan yang menekannkan aktifitas siswa adalah: Diharapkan siswa dapat mengembangkan aktifitasnya yang ada sehingga dapat ,meningkatkan motivasi/ dorongan siswa dalam belajar. Untuk keberhasilan pendekatan tersebut siswa diharapkan aktif berperan dalam KBM dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Siswa secara aktif menentukan tujuan
Sikap positif siswa dalam mengikuti pelajaran
Suasana keakraban dalam kegiatan kelompok
Menggunakan kesempatan dengan baik
Sikap guru yang positip dalam menanggapi aktipitas siswa.
Kegiatan Ekstrakurikuler
Diharapkan siswa banyak melakukan belajar dengan mengalami sendiri, melakukan hal-hal yang dipelajari dan dipraktekan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini dilakukan diluar jam pelajaran biasa atau pada waktu libur sekolah. Disekolah atau diluar sekolah dengan berkala dalam waktu tertentu. Beberapa conto tentang kegiatan ekstrakurikuler antara lain :
- Melaksanakan Sholat duhur berjama’ah
- Melaksanakan bakti sosial / masyarakat
- Anjangsana ketempat orang tua siswa, guru dan sesama siswa dilingkungan masyarakat.
- Membentuk kelompok belajar
- Meningkatkan keterampilan dalam menciptakan sesuatu barang berguna.
- Mementaskan, memamerkan berbagai cabang seni baik karya siswa maupun karya seniman luar.
KONDISI YANG MENDUKUNG PELAKSANAAN WAWASAN WIYATAMANDALA
Mentaati Pelaturan dan Tata Tertib Sekolah Serta Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Tata tertib disusun secara optimal untuk mengatur tingkah laku siswa, guru dan karyawan. Dalam tata tertib dikemukakan hal-hal yang diharuskan yang tidak boleh dilakukan dalam pergaulan dilingkungan sekolah. Dalam tata tertib ada sangsi atau hukuman bagi yang melanggar. Hukuman adalah alat pendidikan, bila cara lain tidak bisa berhasil.
Hormat dan Taat Kepada Guru
Guru adalah penyuruh dan pembimbing kearah masa depan yang lebih baik serta penggerak kearah kemajuan. Tugas guru akan ringan dan dapat berjalan dengan baik apabila siswa taat dan hormat kepada guru. Hormat artinya sopan santun dan menghargai guru sebagai orang yang dituakan dan menjadi panutan.
Kerjasama Antara Warga Sekolah, Orangtua Siswa dan Masyarakat.
Untuk membantu tugas guru yang sangat berat perlu terjalin kerjasama antara orang tua, masyarakat dan sekolah sehingga guru mempunyai peran sentral dalam pelaksanaan pendidikan . kerjasama ini yang akan lebih membuka cakrawala pandangan orangtua siswa tentang hal-hal yang menjadi tugas dan tanggungjawab dalam mendidik anaknya.
KETAHANAN SEKOLAH MENUNJANG PEMBINAAN
WAWASAN WIYATAMANDALA
Pengertian Ketahanan Sekolah Ketahanan Sekolah adalah suatu kondisi dinamis yang berisi kemampuan ketangguhan dalam mengahadapi tantangan dan hambatan yang timbul dari dalam dan luar sekolah yang langsung atau tidak langsung dapat mengganggu proses belajar mengajar.
Memelihara dan meningkatkan ketahanan sekolah perlu dipelihara dan ditingkatkan karena merupakan prasyarat bagi kelancaran belajar siswa, juga penunjang lingkungan belajar yang aman. Cara meningkatkan ketahanan sekolah diantaranya dengan melaksanakan kebiasaan-kebiasaan yang baik, diharapkan akan menimbulkan sikap mental yang menumbuhkan kerelaan untuk mentaati pelaturan berlaku.
Pengaruh lingkungan terhadap ketahanan Sekolah Letak dan lingkungan sekolah mempunyai hubungan erat dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu sangat baik apabila letak sekolah tidak dekat dengan pusat-pusat keramaian yang memungkinkan keamanan tidak terjamin. Pengaruh lingkungan lain yang dapat mengganggu ketahanan sekolah antara lain pengaruh penyalahgunaan obat-obat berbahaya, narkotika, minuman keras dan kebiasaan merokok.
TATA TERTIB SISWA
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI
TANJUNGJAYA TASIKMALAYA
KEHADIRAN
Siswa harus hadir disekolah paling lambat 10 menit sebelum bel masuk dan pulang setelah jam pelajaran beakhir.
Siswa yang terlambat datang lebih dari 10 menit setelah bel masuk harus lapor kepada guru piket untuk meminta surat izin.
Siswa yang meninggalkan sekolah sebelum waktunya karena sesuatu kepentingan, harus mendapat izin dari wakil Kepala Sekolah yang bertugas atau dari guru piket.
Siswa yang berhalangan hadir, diharuskan mengirimkan surat keterangan dari orangtua/wali siswa.
Siswa yang berhalangan hadir karena sakit lebih dari tiga hari berturut-turut harus menyerahkan surat keterangan dari para medis
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Apabila bel masuk dibunyikan seluruh siswa harus masuk kedalam kelas dengan tertib dan siap menerima pelajaran.
Sebelum jam pertama dimulai dan jam terakhir selesai seluruh siswa harus membaca do’a bersama dipimpin ketua kelas masing-masing.
Setiap siswa harus memelihara ketertiban dan kelancaran kegiatan belajar mengajar didalam kelas dan diluar kelas.
Setiap siswa diwajibkan memelihara buku catatan dan membawa bahan pelajaran serta alat tulis yang diperlukan.
Apabila guru belum hadir diruang kelas segera memberitahukan pada guru yang bersangkutan jika guru berhalangan ketua kelas lapor pada guru piket
Setiap hari siswa diwajibkan membaca Al-qur’an bersama selama 10 menit mulai jam pertama masuk.
KODE ETIK SISWA
Dalam pergaulan sehari-hari, seluruh siswa wajib memelihara tatakrama dan melaksanakan ketentuan Akhlakulkarimah.
Siswa supaya membiasakan mengucapkan” salam “ sesuai dengan ketentuan ajaran Islam.
Bagi siswa putra harus berambut pendek sopan dan rapih serta dilarang berkuku panjang, memekai kalung, gelang dan anting.
Bagi siswa putri dilarang memakai/menggunakan make up dan aksesoris berlebihan.
Siswa dilarang memakai, membeli, mengedarkan, menyimpan, menerima, membawa, memberikan dan menggunakan : Rokok, Narkoba, senjata tajam, senjata api, foto gambar dan media yang tidak Islami atau suatu hal-hal lain yang merusak moral.
Waktu istirahat,siswa tidak boleh berada di dalam kelas dan makan-makan di dalam kelas.
Siswa dilarang menerima tamu pribadi, sebelum tamu lapor pada petugas piket.
Semua siwa harus mentaati tata tertib dan ketentuan- ketentuan lain yang dikeluarkan oleh sekolah.
Siswa dilarang melakuan yang mencemarkan nama baik pribadi, keluarga dan sekolah baik di dalam maupun di luar sekolah.
CARA BERPAKAIAN
Untuk Putera :
Hari Senin sampai dengan hari Kamis PSAS (baju putih lengan pendek dan celana panjang abu) dimasukan rapih, memakai ikat pinggang warna hitam, ukuran 3 cm, sepatu warna hitam berkaos kaki warna putih dan memakai atribut OSIS MA. Lokasi dan nama
- Untuk puteri :
Hari senin sampai hari kamis PSAS (baju putih lengan panjang rok panjang berwarna abu) tidak dibelah dan dikeluarkan rapih lengkap memakai atribut OSIS MA, lokasi MA, nama dan berkerudung putih polos, sepatu warna hitam, tidak berhak tinggi dan berkaos kaki putih.
- Hari jum’at sampai dengan sabtu : Pakaian lengkap pramuka dan khusus bagi putri bekerudung berwarna coklat tua.
- Setiap siswa diharuskan memakai seragam olahraga pada waktu kegiatan olahraga.
UPACARA
Setiap siswa wajib mengikuti upacara bendera hari senin dan upacara-upacara lain yang diselenggarakan oleh sekolah dengan penuh tanggungjawab.
Setiap siswa harus mampu menjadi petugas hari Senin yang diatur oleh berdasarkan giliran kelas.
Setiap terlambat mengikuti upacara harus lapor pada petugas piket.
Setiap siswa harus bertanggungjawab terhadap ketertiban demi kelancaran dalam pelaksanaan upacara
RUANGAN KELAS
Siswa harus menjaga 5 K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan dan Kekeluargaan) .
Siswa harus menjaga sarana dan prasarana sekolah didalam maupun diluar kelas.
Siswa harus melapor jika ada barang sekolah yang rusak dengan menghubungi wali kelas.
PENGAWAS DAN BIMBINGAN
Siswa selama disekolah harus diawasi,dibimbing, dinilai oleh guru wali kelas dan BP.
Setiap pelanggaran oleh siswa yang berulang akan diselesaikan melalui rapat guru dan BP.
Siswa wajib melapor segala kejadian yang akan merusak ketahanan sekolah pada guru piket, wali kelas atau BP.
Siswa dianjurkan tinggal diasrama pesantren dan mengikuti pengajaran pesantren.
KEUANGAN
Setiap siswa wajib membayar keuangan Sekolah paling lambat tanggal 10 setiap bulan
ORGANISASI
Setiap siswa otomatis menjadi anggota OSIS dan Pramuka.
Setiap siswa harus mengikuti kelompok belajar dan kegiatan ekstrakulikuler.
Setiap kelas harus memiliki organisasi kelas yang benar.
SANKSI
Pelanggaran akan tata tertib diatas dikenakan sangsi berupa :
Peringatan atau teguran
Pemberitahuan
Scorsing
Dikeluarkan
| Tanjungjaya, Juli 2010 Kepala MAS Bungursari
Drs. IWAN SANTOSA, M.Pd NIP . 132 012 679 |
BABA II
PENGERTIAN DAN RUANGLINGKUP TATAKRAMA
Pengertian
Secara harfiah tatakrama terdiri dari kata Tata yang berarti Adat, aturan, norma dan peraturan, Dan Karma yang berarti sopan santun, kelakuan, tindakan dan perbuatan. Tatakrama berarti Kebiasaan sopan santun yang disepakati lingkungan pergaulan manusia setempat
Riang lingkup tatakrama semula dalam ruang lingkup terbatas, lama kelamaan merambat kelingkungan masyarakat yang lebih luas, perkembangan itu berlangsung tanpa diarahkan yang pada akhirnya diterima sebagai kesepakatan bersama.
Perhatikan bagan berikut
Di lingkungan rumah Di lingkungan Sekolah Dilingkungan Masyarakat
Contoh : Pada waktu makan Contoh : Pada waktu ketemu guru Conto : Pada waktu kunjungan kerumah famili
Siswa setidak-tidaknya menyandang tiga predikat :
- Ia adalah warga sekolah
- Ia tetap menjadi salah satu anggota keluarga
- Ia adalah anggota masyarakat, baik masyarakat tetangga, organisasi, desa, dan khalayak ramai serta sebagai warganegara.
|
Perlu disadari, kegagalan dalam bergaul banyak disebabkan karena kurangnya sopan santun. Oleh karena itu perlu diperhatikan 4 kunci dalam bergaul :
Perlakukanlah orang lain seperti memperlakukan diri sendiri
Hargailah setiap orang yang menuntut jati diri masing-masing.
Anda perlu membuka diri agar di kenal. Hal ini akan membantu cara orang lain bersikap terhadap diri anda.
Percaya kepada orang lain, cinta dan sedia berkorban.
Dipandang dari tingkah laku, tatakrama terdiri dari :
Tatakrama berbicara
Pepatah menyatakan “ Berjalan peliharalah kaki, berkata pelihara lidah “dan “ Lidah lebih tajam dari pedang “
Tatakrama Pergaulan
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali keadaan dan situasi yang menghendaki dipatuhi agar kita tidak menyinggung perasaan orang lain. Yang harus kita perhatikan dalam pergaulan diantaranya :
Tata Cara Berkenalan
Tata Cara Bertamu
Tatakrama Penampilan
Ada beberapa unsur penting yang berpengaruh pada penampilan seseorang karena penampilan seseorang akan memberi kesan langsung bagi penglihatan seseorang diantaranya :
Tata Cara Berbusana
Perlu diperhatikan dalam memilih busana kita harus lebih memperhatikan bentuk tubuh, lingkungan dan norma. Berbusana yang tidak sesuai dengan lingkungan dan norma yang berlaku akan menimbulkan citra tidak baik dipandangan orang
Tata Cara Bersolek dan Menggunakan Perhiasan
Setiap siswa pergi kesekolah hendaknya berpakaian sesuai dengan ketentuan sekolah. Khusus untuk siswa putri jangan bersolek dan memakai perhiasan yang berlebihan.
Tata Cara Berjalan Bersama
Kalau seorang pria berjalan dengan seorang wanita, hendaknya pria berjalan pada bagian yang berdekatan dengan jalan lalu lintas, seharusnya pria melindungi wanita. Kalau ada dua pria dan dua wanita, maka kedua orang pria berjalan disisi luar.
Namun jika arus jalan sangat ramai dua orang hendak berjalan di depan dan dua orang lainnya dibelakang, kalau hendak menyebrang pria hendaknya mengambil posisi dari arah datangnya kendaraan.
“ Jika benar-benar diperhatikan tata sopan santun berjalan ini, maka tidak perlu kita khawatir akan kesan negatif orang lain. Berjalan dengan tenang dan penuh percaya diri “
MENGHARGAI DAN MENGHORMATI MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK PRIBADI DAN MAKHLUK SOSIAL
Hak dan kewajiban manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial
Setiap anggota keluarga dapat menempatkan diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan;
Saling harga menghargai dan menghormati antar anggota keluarga
Setiap anggota keluarga dapat menunaikan kewajiban
Setiap anggota keluarga harus saling bantu membantu dalam kesulitan dan kegembiraan.
BAB III
CARA BELAJAR
- Belajar di Sekolah
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai tugas dan fungsi menyelenggarakan proses pendidikan. Untuk mencapai hal tersebut siswa perlu memahami hal-hal sebagai berikut :
- Mengetahui tujuan pendidikan sekolah
- Memiliki sikap terbuka, artinya dapat menerima guru seperti adanya tidak menolak karena benci atau kebetulan sudah mengetahui hal-hal yang sedang diajarkan.
- Harus mempelajari dan menyiapkan alat pelajaran untuk pelajaran esoknya.
- Minat dan perhatian yang penuh dalam menerima pelajaran, hal-hal yang mengganggu konsentrasi belajar hendaknya di hilangkan.
- Bersikap kritis dalam menerima pelajaran. Kritis adalah sikap terbuka dalam menerima pelajaran. Pelajaran itu diterima jika masuk akal.
- Memiliki dorongan dan semangat yang kuat untuk maju. Menunjukan sikap ingin tahu dan ingin menguasai ilmu pengetahuan.
- Menjahui sikap malu dalam bertanya dan berusaha untuk meraih nilai dan prestasi yang setinggi-tingginya dengan mengikuti pelajaran dengan aktif.
- Setiba dirumah diharuskan mengulangi kembali hasil pelajaran yang diterima di sekolah.
- Belajar di Rumah
Untuk dapat belajar dirumah hendaknya memilih waktu yang tepat , usahakan tempatnya nyaman. Selama waktu belajar, ada anak yang baru dapat berkonsentrasi dalam suasana hening, dan ada yang menyukai musik sebagai penyerta belajar.
- Belajar Kelompok
Belajar berkelompok banyak manfaatnya, siswa yang belum memahami sesuatu hal dapat diperoleh dari temannya yang sudah paham.
- Cara Membaca
- Mula-mula pelajari garis besar isi buku yang bisa didapat dalam daftar isi. Sebelum menjumpai daftar isi, biasanya terlebih dahulu dapat dijumpai kata pengantar. Baca dan fahami keduanya sebab membaca keduanya sudah diperoleh garis besar yang termuat dalam buku itu. Selanjutnya halaman berikutnya pendahuluan yang berisi garis-garis besar isi buku secara menyeluruh.
- Selanjutnya bacalah bab demi bab, dan pahami seluruhnya sehingga tidak ada lagi hal-hal yang meragukan.
- Setelah dibaca coba ulangi memahami isi pokok setiap bab. Sesudah itu baca kalimat demi kalimat sehingga dapat deketahui mana yang inti dan mana yang pelengkap. Beri tanda khusus terhadap kalimat inti dengan membubuhi tinta warna dan lainnya.
- Buatlah ringkasan, skema atau yang memudahkan untuk mengingat-ingat.
- Untuk melatih ketajaman fikiran dalam memahami masalah, sebaiknya dicoba menghubung-hubungkan masalah dengan masalah yang lebih luas . hal ini melatih untuk berfikir kretaif.
- Untuk menguji kemantapan penguasaan kita terhadap masalah yang dipelajari, sebaiknya di diskusikan dengan teman-teman.
Untuk menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan dan agama hendaknya kita lebih memperkaya buku-buku sumber, baik buku yang dipelajari di sekolah maupun buku pendidikan lainnya, buku-buku sumber itu bisa di dapat di perpustakaan sekolah.
- Memanfaatkan Waktu
Sebagai manusia kita hidup dalam lingkup ruang dan waktu. Apabila seseorang berada di suatu tempat dimana saja maka artinya berada
dalam Ruang, dan apabila seseorang melakukan kegiatan tertentu pada suatu saat maka artinya berada dalam Waktu, Ruang dan waktu sulit dipisahkan tetapi keduanya dapat dibedakan.
Mengenai waktu perlu lebih diperhatikan bai-baik karena waktu yang sudah tidak mungkun dilewati lagi. Perlu disadari bahwa waktu yang disediakan oleh Allah bagi kita hanyalah selama hayat kita saja. Maka bila diatur waktu kita sejak usia 6 tahun insya Allah hidup kita akan lebih bermakna dan kita akan melakukan yang lebih bermanfaat.
- Penyusunan Jadwal Kegiatan Harian
Untuk mengatur kegiatan sehari-hari sebaiknya diatur pembagian waktu yang tersedia. Pembagian waktu ini dilakukan secara garis besar . dan jadwal ini juga tidak bersifat harga mati, sehingga kalau ada kegiatan khusus dan sifatnya temporer dapat dilaksanakan.
CONTOH JADWAL KEGIATAN HARIAN
NO | WAKTU | KEGIATAN | KETERANGAN |
1
2
3
4
5 | 04.30-06.30
07.00-13.00
13.00-17.30
17.30-22.00
22.00-04.30 | - Bangun Pagi
- Sholat shubuh
- Senam Pagi
- Mengatur Tempat Tidur
- Membantu Orangtua
- Makan Pagi
- Berangkat Kesekolah
- Waktu Belajar disekolah
- Sholat Zhuhur
- Membantu orang tua
- Makan Siang
- I s t I r a h a t
- Sholat Ashar
- Latihan Olah Raga
- MengerjakanHobi Membaca
- Mandi
- Sholat Magrib
- Makan Malam
- Sholat Isya
- Menghafal
- Tidur
- Mengatur Persipan Sekolah
| Catatan :
- Jadwal ini dapat disesuaikan dengan keadaan siswa.
- Pada hari minggu atau hari libur dapat disusun jadwal khusus
- Bagi yang sekolah sore dapat disusun sesuai dengan jadwal sekolah.
- Waktu-waktu istirahat dapat disesuaikan dengan kebiasaan.
- Buatlah jadwal harian anda ……..
|
IV
PENUTUP
Kami menyadari bahwa pedoman ini sangat sederhana dan masih jauh yang diharapkan, karena keterbatasan baik pengetahuan maupun kemampuan. Tidak menutup kemungkinan dalam penyususnan pedoman ini terdapat kekeliruan, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat korektif dari pembaca sangat kami harapkan.
Meskipun demikian, kami tetap berharap agar pedoman ini bermanfaat dan menjadi tuntunan dalam kegiatan Orientasi Madrasah Aliyah Bungursari Tanjungjaya.
Tanjungjaya, Juli 2010
P A N I T I A
TATA TERTIB MASA ORIENTASI SISWA (MOS)
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI TANJUNG JAYA
- Peserta Orientasi Diwajibkan :
- Memakai tanda peserta yang sudah ditetapkan oleh panitia
- Disematkan pada baju sebelah kiri atas
- Sudah hadir 15 menit sebelum upacara bendera
- Menduduki kursi/tempat duduk yang sudah disediakan
- Mengisi dan menandatangani Daftar Hadir
- Membawa alat tulis dan buku yang diperlukan
- Menjaga kebersihan,ketenangan,keamanan dan ketertiban
- Memperhatikan dan mentaati intruksi/petunjuk yang diberikan oleh penyaji dan panitia penyelengara.
- Peserta Orientasi Dilarang :
- Membawa senjata tajam/api
- Meninggalkan tempat orientasi tanpa seizin penyelengara
- Menerima tamu tanpa seizin panitia penyelengara
- Untuk kelancaran jalannya orientasi dibentuk sub kelompok yang diketuai satu orang ketua dan wakil yang bertugas :
Menyiapkan peserta untuk mengikuti penyajian materi
Sebagai penghubung antara panitia dengan peserta
Melaksanakan kegiatan lainnya yang ditentukan panitia
- Orientasi dilaksanakan dengan cara pemberian ceramah,Tanya jawab,diskusi,seni gembira (penghangatan suasana) dan praktek lapangan yang segala sesuatunya ditetapkan oleh panitia.
- Selama berlangsung orientasi,tidak menyediakan makanan untuk peserta
- Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini, kan ditetapkan lebih lanjut
Tanjungjaya, Juli 2010
P A N I T I A
JADWAL ORIENTASI SISWA BARU
MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI
TAHUNPELAJARAN 2010-2011
No | HARI/ TANGGAL | WAKTU | MATERI/KEGIATAN | PENYAJI |
1 | SENIN 12-07-10 | 07.00-08.00 08.00-09.00 09.00-……. | Upacara Pembukaan Daftar Ulang Ta’aruf
| Kep. Sek Panitia Panitia
|
2 | SELASA 13-07-10 | 08.00-08.30 08.00-09.00 09.00-10.00 10.00-10.15 10.15-11.45 11.45-12.30 12,30-……
| Upacara Bendera Wawasan Wiyata Mandala Penghangat Suasana Istirahat Praktek Ibadah Penghangat Suasana Shalat Berjana’ah | Tatay S.Pd Haris Nirwan, S/Pd.I Panitia - Zaenal Mutaqin BA Panitia Panitia |
3 | RABU 14-07-10 | 08.00-08.30 08.30-09.00 09.00-10.00 10.00-10.30 10.30-10.45 10.45-11.15 11.15-12.00 12.00-……. | Upacara Bendera Penjas Kes Penghangatan Suasana Bimbingan Organisasi Istirahat Hak Kewajiban & Tatakrama Penghangat Suasana Shalat Berjama’ah | Jajat Ahmad G. S.Ag Oih Ruslan S.Pd Panitia Tatay S.Pd - Tatang Hidayat, S.Ag Panitia Panitia |
4 | KAMIS 15-07-10 | 08.00-08.30 08.30-09.15 09.15-10.00 10.00-10.15 10.15-11.00 11.00-12.00 12.00-…… | Upaca Bendera Study Kepesaantrenan Game Istirahat Program & Tata cara belajar Penghangat suasana shalat Berjama’ah | Haris Nirwan, S.Pd K.Aep saepulloh Panitia - Ridwan F, S.Pd Panitia Panitia |
5 | JUM’AT 16-07-10 | 08.00-08.30 08.30-09.00 09.00-10.00 | Upacara Bendera Bimbingan Al-Qur’an Demo Paskibra | Tatang Hidayat, S.Ag Drs.Hasanudin Panitia |
6 | SABTU 17-07-10 | 07.30-08.00 08.00-08.45 08.45-12.00 | Upacara Kepramukaan Ceking Peralatan Hiking | Kiki Miskiah, S.Pd Panitia Panitia |
Tanjungjaya, Juli 2010
P A N I T I A
مَا يُقََالُ بَعْدَ الصَّلأَة
اَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمِ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلأَِصْحَـابِ الحُقُوْقِ الوَاجِبَاتِ عَلَيَّ وَلِمَشَايْخِنَا وَلأِِخْوَانِنَا وَلأِِخْوَاتِنَا وَلِجَمِيْعِ المُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمـَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنًـاتِ اَلأَحْيَـاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ 3 X لأَاِلَهَ اللهُ وَحْدَهْ لأَشَرِيْكَ لََه لََهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَليَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 3 Xاَللَّهُمَّ اَنْتَ السَّلامْ وَمِنْكَ السَّلاَمْ وَاِلَيْكَ يَعُوْدُالسَّلاَمْ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلاَمْ وَاَدْخِلْنَااْلجَنَّةَ دَارَالسَّلاَمْ تَبَارَكْتَ رَبَّنَاوَتَعَالَيْتَ يَاذَااْلجَلا لِ وَاْلاِكْرَامْ . بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم . الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين . الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ .اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ .صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّين بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم. الم. ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ . الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ . وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ . أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ . وَاِلهُكُمْ اِلهُ وَاحِدٌ لأَاِلهَ اِلأَ هُوَالَّرحْمَنُ الَّرَحِيْمُ . اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ . لِلَّهِ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَإِنْ تُبْدُوا مَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللَّهُ فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. ءَامَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ ءَامَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ . لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ . شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ . إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ .
قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ . تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ . اللَّهُمَّ لاَمَانِعَ لِمَا اَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَّ لِمَامَنَعْتَ وَلاَرَادَّ لِمَاقَضَيْتَ وَلاَيَنْفَعُ ذَاالجَدِّمِنْكَ الجَدِّ . اِلَهِىْ يَارَبِّيْ اَنْتَ مَوْلَنَا سُبْحَـانَ اللهِ ,سُبْحَـانَ اللهِ x 33. سُبْحَـانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ دَائِمًا اَلْحَمْدُ ِللهِ, اَلْحَمْدُ ِللهِ x 33. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِين عَلَي كُلِّ حَـالٍ وَفِيْ كُلِّ حَـالٍ وَلِكُلِّ نِعْمَةٍ اللهُ اَكْبَر, اللهُ اَكْبَر x 33. اللهُ اَكْبَركَبِيرًا وَالحَمْدُ للهِ كَشِيْرَاوَسُبْحَنَ اللهُ بُكْرَةً وَاَصِيْلاَ . لأَاِلَهَ اللهُ وَحْدَهْ لأَشَرِيْكَ لََه لََهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَليَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر . حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ َنِعْمَ المَوْلَىوََنِعْمَ النَّصِيْرُ وَلاَحَوْلَ وَلآَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِىِّ العَظِيْمِ , اَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمِ x 33. اَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمِ اَلَذِّىْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ اِنَّ اللهَ وَمَلَئِكَتُــهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِ يَااَيُّهَاالذِّيْنَ اَمَنُوْ صَلُّوْا عَلَيهِ وَسَلِّمُوْ تَسْلِيْمًا,صَلَّي اللهُ عَلىَ مُحَمَّدٍ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ x 33. اَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمِ اَلَذِّىْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ . اَفْضَلُ الذِّكْرِ فَاعْلَمْ اَنَّهُ لآَاِلَهَ اِلاَّ اللهَُ الحَيُّ بَاقٍ,ُ لآَاِلَهَ اِلاَّ اللهَُ َ الحَيُّ مَوْجُجُودٌ, لآَاِلَهَ اِلاَّ اللهَُ الحَيُّ مَعْبُوْدٌ . لآَاِلَهَ اِلاَّ اللهَُ. x .. 1 لآَاِلَهَ اِلاَّ اللهَُ مُحَمَّدُ رَسُوْلُ اللهِ كَلِمَةٌ حَقّ عَلَيْهَا نَحْيَا وَعَلَيْهَا نَمُوْتُ وَبِهَا نُبْعَثُ اِنْ شَـاءَ اللهُ تَعَالَى مِنَ الاَمِنيِنَ بِرَحْمَةِ اللهِ وَكَرَامِهِ , جَزَااللهُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا سَيِّدُ الاَوَّلِيْنَ وَلآَخِرِيْنَ وَرَضِيَ اللهُ تَعَلَى عَنْ كُلِّ صَحَـابَةِ رَسُوْلُ اللهِ اَجْمَعِيْنَ . اَمِيْنَ يَارَبَّ الْعَالَمِين .{دِيْ لَنْجُتْكَنْ فَدَا دُعَــاءْ}
Catatan
………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………... ………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..………………………………………………………………………..
SELAMAT DATANG
DI MADRASAH ALIYAH BUNGURSARI